Pages

Silahkan...

Selamat Datang di Perpustakaangeografionline.blogspot.com, nikmati waktu anda untuk mengetahui rahasia kehidupan dan alam di dalam perpustakaan ini. Banyak materi, berita, artikel, e-book, BSE, dll, yang mungkin dapat berguna bagi para pengunjung dan disajikan dengan menarik serta semudah mungkin tanpa repot-repot, karena kami menghargai waktu dan privasi anda. Selamat belajar, please enjoy your time :-).

Hormat Kami, Staff & Pengurus.



->->->->->->->->->->-<-<-<-<-<-<-<-<-<-<

09 May 2011

Geografi Budaya

Geografi Budaya

Geografi budaya yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi dan kehidupanya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan, rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita amati (Ekblaw dan Mulkerne).

Geografi budaya dipelajari karena adanya masalah budaya, khususnya hubungan antara pertumbuhan penduduk, konsumsi sumberdaya, dan peningkatan intensitas masalah akibat ekploitasi sumberdaya yang berlebihan.dengan kata lain bahwa geografi budaya dapat memberikan kombinasi yang kuat perangkat konseptual untuk memahami masalah budaya yang kompleks.

Geografi budaya merupakan cabang geografi yang objek kajiannya keruangan manusia. Aspek-aspek yang dikaji dalam cabang ini termasuk kependudukan (geografi penduduk) aktivitas atau perilaku manusia yang meliputi aktivitas ekonomi, aktivitas social (geografi social)dan aktivitas budayanya.

Geografi budaya merupakan cabang dari geografi manusia. Cabang lain dari geografi manusia yaitu geografi ekonomi dan geografi politik.
Geografi berpengaruh terhadap budaya apabila lingkungan mempengaruhi perubahan budaya. Lingkungan budaya membentuk ekosistem budaya, ekosistem budaya menciptakan ekologi budaya yang dinamis. Ekologi budaya sangat dipengaruhi oleh political space dan cultural agency.
Unsur yang terkena pengaruh adalah bahasa, system teknologi, mata pencaharian, organisasi social, pengetahuan, system kepercayaan dan kesenian.

Pengaruh Faktor Geografi terhadap Terbentuknya Daerah Kebudayaan

Faktor Geografis “Pedesaan” mempengaruhi unsur budaya seperti bahasa, sistem teknologi, mata pencaharian, organisasi social,pengetahuan, sistem kepercayaan dan kesenian yang membentuk daerah kebudayaan.
Hal itu berpengaruh karena adanya keterkaitan antara aspek alam(faktor geografi) dengan aspek manusia (kebudayaan)
Unsur budaya yang paling terkena pengaruh adalah :

 
a. Sistem Teknologi
Pedesaan umumnya masih bersifat tradisional.misalnya untuk memanggil masyarakat yang jauh masyarakat pedesaan menggunakan kentongan.

 
b. Mata Pencaharian
Apabila muncul kata pedesaan , mata pencaharianya pasti terkait dengan petani dan nelayan.

 
c. Organisasi Sosial
Organisasi social yang menonjol adalah bersifat gotong royong. Adapun untuk kaum muda yaitu karang taruna.

1 comment:

Barang Baru Dan Bekas di Amazone!